Jangan Remehkan Kata Hati

26 11 2008

Hari itu.. tepatnya kamis minggu lalu…

Seorang bernama ‘wira’ memutuskan untuk mbolos kuliah, setelah mengalami kompromi singkat dengan seorang teman maka diputuskanlah wira yang membolos karena temannya gak bisa mbolos di jam itu.

Ada sesuatu yang aneh, tidak nyaman, menolak melakukan, ya.. intinya perasaan gak enak lah.

Tapi entahlah, ada kekuatan besar yang (sengaja) melawan, dan akhirnya seorang wira pun mbolos juga.

Saat itu kita (saya dan teman) pergi ke pemkot untuk suatu urusan. Teman saya ada kuliah jam setengah sepuluh dan saya ada kuliah lagi jam sebelas. Sebenarnya alias rencana awal, saya akan mbolos di jam sebelas dan teman saya mbolos di jam setengah sepuluhnya. Tetapi ternyata di jam setengah sepuluh ada absensi untuk ujian. Maka jadilah saya yang mbolos.

Jam delapan lewat lima belas menit urusan kami sudah selesai, karena terpesona dengan pemandangan taman balai kota akhirnya kita memutuskan beristirahat sejenak di bangku di bawah pohon. Cuman berdua. (Sama-sama akhwatnya kok! Tambah bahaya!)

Bercerita, saling menasehati, menghibur, banyak deh. Sampai akhirnya jam sembilanpun menyapa kita. Kembalilah kita ke tempat parkir roda dua. Menuju kampus tercinta.

Setiba di kampus, setelah menaiki puluhan anak tangga menuju lantai tiga…

“Wir, ngapain kamu gak kuliah, gak dapet kelompok lo! Tadi cuman yang hadir yang dimasukin kelompok.” seorang teman langsung berkata-kata ketika melihatku.

“Oh ya?” (jawaban yang sangat polos, kaget juga benernya)

“Tadi ibunya bilang kalo mau dapet kelompok langsung menghadap ibunya.”

“Ibunya ada gak ya di ruangannya?”

“Barusan aku kesana mau ngasiin titipan surat tapi ibunya lagi pergi. Ntar ta tak temenin kesana abis kuliah?”

“Iya deh”

Di kelas, seorang sahabat gak henti-hentinya bertanya, ngapain wir gak kuliah, gak dapet kelompok lo, kamu gak bilang-bilang sih mbolos jadinya gak tak ambilin diktat, tugas kelompknya itu buat UAS lo..30% nilai UAS, dan…..

Semakin bingung lah diriku, UAS? 30%? Waduh, iya nek UAS e apik, ibunya baek gak ya? (suara hatiku)

Sebenarnya bukan aku aja yang gak masuk hari itu, ada dua orang lagi. Yang satu ke Bali menjadi duta UKM dan yang satunya gak jelas. Akhirnya bingung lagi, menghadapnya nungguin temenku masuk atau sekarang ya.. SEKARANG! harus sekarang! Dilarang menunda-nunda! Bikin pikiran aja! (suara hatiku lagi)

Akhirnya sehabis kuliah tepatnya jam satu siang, pergilah diriku ke ruang ibunya.

Setibanya disana…

…….

“”Permisi Bu, tadi saya gak masuk kuliah, jadi saya belum dapat kelompok tugas”.

“Lo, memang kalo gak ikut kuliah saya gak dapet kelompok, kemana tadi….”

(jawabannya juga….)

“Saya sudah telat ini mbak, ada kuliah, kalo mau dapet kelompok ya harus ikut kuliah saya. Mau?”

“Ya mau Bu”

“Hari ini jam satu ato besok jam tujuh pagi”

“Skarang? diruang mana Bu?”

“Bntar..(liat kerpekan) di RK 3.3)”

“Iya Bu sekarang, terima kasih”

Berlarilah saya menuju ke mushala untuk solat (sangat tergesa-geasa)

Ya Alloh, sedang mengajari diriku apakah Engkau (suara hatiku lagi..).

Seusai solat dengan brlari langsung naik ke lantai tiga. Terlambat! Dikit! Untung ibunya belum mulai kuliah (nungguin aku kali ya!)

Perkuliahan berjalan lancar, ibunya ternyata menyenangkan. Seusai kuliah menghadap lagilah diriku ke ibunya untuk absen dan minta kelompok. Dan alhamdulillah..lancar!

Akhirnya… solat ashar bisa tenang, gak kayak yang dhuhur tadi, kayak dikejar waktu aja (ya emang!)

Seusai solat, kucoba merenung, tak mungkin suatu kejadian tanpa hikmah.

Dan kudapatkan…

Seandainya aku mbolos yang jam sebelas, maka kejadian ini tak kan menghampiriku tapi aku tidak akan mendapatkan materi biofar padahal kuliah sebelumnya dah mbolos!

Alloh itu indah.. sangat tahu, maka jadilah skenarionya, aku mbolos jam kuliah menejemen farmasi karena Dia tahu aku akan nyusul di jam satu. Jadi kalo diamati, aku gak mbolos kuliah sama sekali pada hari itu.

Sedikit pelajaran dari-Nya, indah walau sempat membuatku jantungan.

Hikmah terakhirbyanya, Mbolos juga harus pake HATI, ya.. Alloh masih baik karena ternyata ibunya masih baik dan masih ada kuliah yang bisa kuikuti, andaikan tidak..? Bayangkan? Pede amat wira meninggalkan 30 % nilai UAS. Bukankah Alloh sudah mengirimkan sinyal-sinyal lewat hatimu Wir!

HATI.. mintalah fatwa pada hatimu,…. (sebuah hadist menari-nari dalam benakku)

Wira… Syuro’! (Hiyaa…)


Aksi

Information

7 responses

27 11 2008
yudhi15

Klo mbedain antara kata hati sama kata setan gmn Bu??
Kan sama2 halus…..

Eits, jangan salah. Kadang2 setan juga ngajak baik lho, cuma ujung2nya ngajak yang gak bener dan gak benernya tuh tambah parah.

Hayo gmn???!

28 11 2008
wira kusuma

Hati akan slalu cenderung pada kebaikan, tapi hati yang gimana dulu.
Butuh kekuatan ekstra untuk menjadikannya baik, karena ketika ‘sang hati’ tlah baik maka semua kehidupan ‘pemilik’ akan baik juga.
Bgmn membuatnya baik? Anda pasti sdh tahu.
Ttng ‘kata setan’… gampang!!
pasang aja indikatornya… malu gak kalo Alloh melihat kita melakukan itu, trus gunakan buffer ‘hati’ untuk mnjaga tetap dalam kondisi stabil.
Bgmn mengaktifkannya..ikuti kata hati (kok mbulet) maksudnya ‘cari ilmu’nya.
Yang namanya setan ma, mana pernah baik! kan tujuannya emang mau menjerumuskan. Btul g???

1 12 2008
icalmahdi

Mbolos pake hati..???
ehmmm.. Boleh tuh..!!!
bisa dicoba…. 🙂
mbolos juga pake logika dan perhitungan, untug-ruginya, baik-buruknya, manfaat dan mudhorotnya. Sama kyk yg lain..
Mbolos jg ada yg “Mblolos hasanah”.,hehe.. muga2 aja termasuk yg itu.
Tapi yg namanya mbolos ya mbolos seh..,

sek..sek.. Ke Pemkot..???
waduh perasaan saya gak enak nih..
jangan..jangan…???

2 12 2008
zainmujahid

Aslm.. My first comment on this blog… Wow, mbolos… Tapi bener, mbolos emang harus dipikirkan masak2 (bukan berarti sy g pernah bolos). Tapi alhamdulillah, belum pernah kena masalah selama ini (semoga tidak, AMIN). Yang saya inget pas mbolos cuman atu, nahnu du’at qobla kulli syaiin. Semangat!!! (kayaknya harus ada yang bertanggung jawab neh.. Pak Ka Dept saat itu, hehehe).

4 12 2008
ahmadsheva

waduh , , gmn cara byr bs ikut kata hati ya ? sudah 2x saya skip kelas Foreign Language. pz mw bolos rasanya hati itu g rela. tp karena ngantuk berat jadi skip deh. ada solusi untuk masalah ini ? supaya g skip lagi. yah , , walo Foreign Language yg q ambil krg menantang. 😦

4 12 2008
wira kusuma

#buat ical mahdi
Jangan..jangan..knapa pak???

#zain mujahid
Resiko ditanggung penumpang.. maksudnya yg mbolos pak, hehehe…

#ahmadsheva
Klo mnurut saya sih, klo masalahnya ngantuk.. mending jgan mbolos deh!!
Mnurut pengalaman nich.. walaupun ketiduran di kelas, max 15 mnt tidurnya (15mnt x …), setelah itu biasanya udah ‘beber’ (g ngantuk).
Lagian walaupun tidur, kalo saya tetep bisa ndenger apa yg diterangin dosen jd lumayan lah!!!
Tips laen… sangu (njaluk) permen, minta temen ngagetin (dijamin super kaget, he..he!), ato minta ijin ke belakang buat cuci muka kalo bs skalian wudhu.
Jgn mbolos kalo gak kepaksa, niat menimba ilmu kan ibadah!! (Harus) Setuju??

5 12 2008
icalmahdi

Jangan-jangan mencoba menjadi “pahlawan”.. demi “kamu adalah pahlawan”
(nyambung..??)

Udah lah..
ehmm.. Siap2 aja menjadi pahlawan di USC yg baru..!!!

Tinggalkan komentar